Lima Wilayah di Indonesia Timur Berpotensi Jadi Ladang Minyak Raksasa

Anggita Rezki Amelia
12 September 2018, 10:56
Rig
Katadata

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekomendasikan lima wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) untuk dilakukan eksplorasi lanjutan. Ini karena lima wilayah itu berpotensi memiliki cadangan migas dengan skala besar.

Wilayah itu yakni Blok Selaru (Cekungan Aru-Tanimbar), Blok Arafura Selatan (Cekungan Arafura), Blok Boka (Cekungan Akimeugah), Blok Atsy (Cekungan Sahul) dan Blok Agats Barat (Cekungan Sahul). “Badan Geologi merekomendasikan lima wilayah di Kawasan Timur Indonesia yang berpotensi untuk ditemukannya lapangan minyak besar,” dikutip dari website Kementerian ESDM, Rabu (12/9).

Sebelumnya, Badan Geologi telah melakukan survei terhadap lima blok itu menggunakan data-data meliputi seismik 2D, Passive Seismic Tomography (PST), rembesan mikro, penelitian GnG, serta metode lainnya. Ini untuk mengetahui potensi yang ada di lima blok tersebut.

Hasilnya, pada Blok Selaru memiliki potensi (P50) untuk skenario gas sebesar 4.8 Trillion Cubic Feet (TCF) dan skenario minyak sebesar 4060 MMBO. Sedangkan sumber daya potensial di Arafura Selatan untuk skenario gas sebesar 7.36 TCF dan minyak 6144.54 MMBO.

Adapun, Blok Boka total sumber daya potensial untuk gas mencapai 1.1 TCF dan minyak sebesar 930 MMBO. Potensi gas Blok Atsy sebesar 0.9 TCF dan minyak sebesar 750 MMBO. Sedangkan Blok Agats Barat memiliki potensi gas sebesar 0.7 TCF dan minyak sebesar 575 MMBO.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...