Pendapatan Medco Semester I 2018 Merosot 35% Jadi Rp 598 Miliar

Anggita Rezki Amelia
3 Agustus 2018, 20:54
Medco Energi
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

Pendapatan PT Medco Energi Internasional Tbk selama semester I tahun 2018 mengalami penurunan dari periode yang sama tahun lalu. Penyebabnya adalah kerugian yang dialami perusahaan afiliasinya yakni PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Mengacu data Medco, pendapatan yang berhasil dikantongi sejak awal Januari hingga Juni 2018 hanya US$ 41,4 juta atau sekitar Rp 598 miliar. Ini lebih rendah 35% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan persero 95%nya dalam bentuk dolar Amerika Serikat (AS). Sebaliknya sekitar 60% nya dari pengeluaran dibayarkan dalam bentuk rupiah.

Berdasarkan keterangan resminya, kerugian PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) diakibatkan pengembangan tahap tujuh tambang Batu Hijau ke kapasitas penuh. AMNT juga telah mendapatkan fasilitas pinjaman pertamanya dari sebuah bank internasional dan kini sedang proses penunjukan kontraktor Front End Engineering and Design untuk pembangunan smelter.

Adapun rata -rata produksi minyak dan gas bumi (migas) Medco hanya 82,4 ribu barel setara minyak per hari (boepd), atau lebih rendah dari semester lalu yang bisa mencapai 90 ribu boepd. Rendahnya produksi ini karena adanya penyesuaian permintaan pasar gas.

Hingga akhir tahun 2018, Medco mempertahankan estimasi produksi sebesar 85 ribu boepd dengan kapasitas produksi yang dimiliki hingga 100 ribu boepd. Ini menyesuaikan permintaan dari para pelanggan gas.

Sementara itu, biaya per unit migas Medco selama enam bulan terakhir mencapai US$ 8,5 per barel oil ekuivalent (BOE). Ini sejalan dengan target Perseroan untuk mempertahankan biaya per unit di bawah US$10 per BOE.

Dalam enam bulan itu, Medco berhasil mencatatkan laba kotor US$ 319,8 juta atau 61,5% lebih tinggi dari paruh pertama tahun lalu. Sementara itu margin laba kotor Medco selama semester I 2018 mencapai 55% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 49%.

Rasio utang terhadap laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) Medco semester I 2018 mencapai US$301,3 juta. Ini 50,4% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...