PGN Akan Bangun Fasilitas LNG di Papua Barat

Anggita Rezki Amelia
2 Agustus 2018, 18:20
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk berencana membangun fasilitas gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) di Papua Barat. Pembangunan proyek ini akan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Papua Barat.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya mengatakan infrastruktur yang akan dibangun  terdiri dari terminal dan kapal penampungan LNG. Pasokan gas nantinya berasal dari BP Tangguh. Volumenya sebesar 20 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) yang merupakan jatah pemerintah daerah dari proyek Tangguh Train 3 yang digarap BP Berau Ltd.

Advertisement

Gas itu kemudian disalurkan ke pembangkit gas PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) PLN menggunakan kapal LNG Vessel. "Itu akan didistribusikan ke pembangkit-pembangkitnya PLN. Pokoknya jangan sampai sudah membangun, tapi tidak terserap," kata dia di Jakarta, Kamis (2/8).

Danny belum mau merinci jumlah investasi dan kapan proyek tersebut akan dimulai. Alasannya masih dalam tahap pembahasan di PGN. Yang jelas, kerja sama dengan BUMD tersebut akan membawa manfaat bagi daerah.

PGN memang memiliki peta jalan pembangunan infrastruktur di kawasan timur Indonesia. Adapun, infrastruktur gas yang akan dibangun di Indonesia kawasan timur berbentuk virtual pipeline. Artinya, penyaluran gas tidak melalui pipa, melainkan melalui infrastruktur lain seperti kapal.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement