Kementerian ESDM Buka Lelang Tiga Blok Migas Awal Agustus

Anggita Rezki Amelia
30 Juli 2018, 20:56
Rig Minyak
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membuka lelang tiga wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) awal Agustus 2018. Blok tersebut dilelang karena sejumlah faktor, di antaranya karena kontraktor eksisting tidak berminat memperpanjang kontrak.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan tiga blok tersebut adalah Makassar Strait di Kalimantan Timur, Selat Panjang di Riau, dan South Jambi B di Jambi. "Awal pertama Agustus (dilelang)," kata dia di Jakarta, Senin (30/7).

Advertisement

Blok Makassar Strait dilelang karena Chevron sebagai operator tidak berminat memperpanjang kontrak. Kontrak blok ini berakhir tahun 2020.

Blok Selat Panjang dilelang lantaran perusahaan eksisting yang mengelola blok tersebut, yakni Petroselat dinyatakan pailit. Jadi dilelang agar mendapatkan pengelola baru dan fasilitas produksi bisa tetap terjaga.

Blok South Jambi juga ikut dilelang karena PetroChina tidak melanjutkan untuk mengelola blok itu. Padahal PetroChina sebelumnya sudah diputuskan oleh Kementerian ESDM untuk mengelola South Jambi B setelah 2020.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement