Pemerintah Bakal Putuskan Pengelola Blok Rokan Besok

Michael Reily
30 Juli 2018, 16:26
Sumur Minyak
Chevron

Pemerintah dikabarkan akan memutuskan nasib Blok Rokan pada Selasa (31/7). Blok minyak dan gas bumi yang tengah menjadi rebutan PT Pertamina (Persero) dan PT Chevron Pacific Indonesia ini akan berakhir kontraknya 2021.

Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menyampaikan jika pengelolaan Blok Rokan setelah kontrak berakhir akan diputuskan besok. Jadi, perusahaannya optimistis bisa mendapatkan hak pengelolaan blok tersebut. “Kami siap, besok akan diumumkan, doakan ya,” kata dia di Jakarta, Selasa (31/7).

Advertisement

Namun, Nicke menolak berkomentar tentang penawaran Pertamina terhadap PT Chevron Pacific Indonesia. Alasannya, proses penawaran masih berjalan. Jadi masih menunggu keputusan pemerintah.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam pernah mengatakan keinginan perusahaannya menjadi pengelola penuh di Blok Rokan. “Kami melihat kalau mendapatkan 100% dan operator memungkinkan dari segi Peraturan Menteri,” kata dia di Jakarta, Rabu (12/7).

Pertamina mengajukan proposal ambil alih Blok Rokan pada 28 Juni 2018 dan dilengkapi 25 Juli 2018. Dalam proposal itu, perusahaan pelat merah itu akan melanjutkan pemanfaatan teknologi tingkat lanjut (Enhanced Oil Recovery/EOR) yang selama ini digunakan Chevron.

Akan tetapi, Pertamina harus bersaing juga dengan Chevron yang masih ingin mengelola blok tersebut setelah kontrak berakhir. Perusahaan asal Amerika Serikat itu mengajukan proposal pada Jumat (20/7).

Setelah mengajukan proposal itu, Chevron intensif berkomunikasi dengan pemerintah. Bahkan Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit Chuck Taylor dua kali bertemu langsung dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yakni Selasa (24/7) dan Kamis (26/7).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement