Blok Brantas dan South Jambi B Diteken Awal Agustus

Anggita Rezki Amelia
26 Juli 2018, 21:05
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penandatanganan kontrak gross split  Blok Brantas dan South Jambi B bisa terlaksana bulan depan. Kontrak dua blok ini beberapa kali tertunda karena belum selesainya beberapa persyaratan seperti bonus tanda tangan dan komitmen pasti.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ediar Usman mengatakan kontraktor Blok Brantas dan South Jambi B masih menyelesaikan proses pembayaran bonus tanda tangan dan jaminan pelaksanaan."Diharapkan awal Agustus sudah bisa signing," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (26/7).

Kementerian ESDM terus berupaya mempercepat proses persyaratan agar kontraktor segera menandatangani kontrak. Dengan begitu segera menjalankan program kerja.

Namun Ediar tidak memungkiri proses penyelesaian persyaratan kontrak itu memerlukan waktu. Bahkan untuk mengurus jaminan pelaksaaan kepada pihak bank bisa memakan waktu satu hingga dua pekan.

Walaupun belum selesai, pemerintah optimistis penandatanganan bisa sesuai target. "Iya optimis dululah, kan mereka sudah proses," kata Ediar.

Kontraktor Blok Brantas harus membayar bonus tanda tangan hingga US$ 1 juta. Adapun komitmen kerja pasti lima tahun pertama blok ini dipatok sebesar US$ 115 juta.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...