Genjot Produksi, Saka Mengebor Sumur di Blok Pangkah dan South Sesulu

Anggita Rezki Amelia
26 Juli 2018, 15:16
Rig
Katadata

PT Saka Energi Indonesia terus meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas). Salah satu upayanya adalah dengan mengebor sumur eksplorasi di Blok Pangkah dan South Sesulu. Anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk ini akan mengebor satu sumur di masing-masing blok.

Direktur Utama Saka Energi Tumbur Parlindungan mengatakan pengeboran itu sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang disampaikan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) awal tahun ini. Pengeboran ini juga dalam rangka menjaga ketahanan energi nasional.

Advertisement

Adapun nama sumur yang dibor di Blok Pangkah yakni TKBY-2. Tajak sumur di blok ini dilakukan sejak akhir Juni 2018. "Kami berharap proses pengeboran berjalan sesuai rencana dan membuahkan hasil,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (25/7).

Jika berhasil, pengeboran bisa meningkatkan produksi siap jual (lifting) migas perusahaan. Sehingga bisa mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kebuturuhannya terus meningkat.

Jarak lokasi sumur TKBY-2 ini sekitar 10 km dari fasilitas produksi Well Head Platform-B (WHP-B). Titik pengeboran yang tidak jauh dari fasilitas produksi Blok Pangkah akan meningkatkan skala keekonomian sumur, sehingga sejalan dengan program perusahaan dalam melakukan optimasi fasilitas produksi yang sudah ada.

Manajemen Saka memperkirakan bisa menemukan cadangan migas di Lapisan Tuban, Kujung dan Ngimbang. Saka memiliki 100% hak kelola di Blok Pangkah. “Sebelum memulai pengeboran, kami sudah memberi sosialisasi dan melakukan doa bersama masyarakat nelayan daerah sekitar," ujar Tumbur.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement