Pengeboran Sumur Migas Di Blok Mahakam Baru Capai 26% dari Target

Pertamina masih menunggu rig agar target pengeboran bisa tercapai.
Anggita Rezki Amelia
25 Juli 2018, 15:32
Rig Tasha Mahakam
Pertamina

PT Pertamina (Persero) merampungkan pengeboran 18 sumur di Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Capaian itu baru 26% dari target pengeboran sumur pengembangan Pertamina tahun ini yang dipatok.

Direktur PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Ida Yusmiati mengatakan pengeboran tersebut merupakan realiasi pengeboran yang telah dilakukan Pertamina jelang akhir Juli ini. "PHM hingga saat ini telah menyelesaikan pemboran 18 sumur," kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (25/7).

Kinerja pengeboran itu masih di bawah target karena menunggu rig tambahan. Tambahan rig tersebut untuk mengejar target pengeboran tahun ini sebanyak 69 sumur.

Saat ini,hanya tiga rig yang beroperasi di Blok Mahakam. Jika semua kondisi lancar, Ida optimistis target pengeboran sumur pengembangan tahun ini bisa tercapai.

Advertisement

Selain pengeboran sumur eksplorasi, PHM memiliki program kerja lainnya di Blok Mahakam yakni pengerjaan ulang (workover) 132 sumur. Ada juga perawatan 5.623 unit sumur.

Tak hanya itu PHM juga memiliki kegiatan pengembangan lanjutan (Plan of Further Development/PoFD) di lima lapangan pada Blok Mahakam tahun ini. "Masih on the track," kata Ida.

Tahun ini, Pertamina menganggarkan US$1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun untuk Blok Mahakam. Dana itu terdiri dari belanja modal sebesar US$ 700 juta dan biaya operasional sebesar US$ 1 miliar.

(Baca: Kinerja Blok Mahakam Dinilai Lebih Tinggi daripada Prediksi Total)

Selama Semester I 2018, produksi minyak Blok Mahakam mencapai 46 ribu barel per hari (bph). Ini sesuai target Rencana Kerja dan Anggaran PHM 2018. Sedangkan produksi gas bumi hanya 900 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Ini lebih rendah dari target RKA yang dipatok sebesar 1.008 MMSCFD.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait