Kontrak Tiga Blok Migas Hasil Lelang Penawaran Langsung Resmi Diteken

Komitmen pasti paling besar yakni Blok East Ganal dengan nilai US$ 1,5 juta.
Anggita Rezki Amelia
17 Juli 2018, 13:44
Rig
Katadata

Kontrak tiga blok minyak dan gas bumi (migas) hasil lelang dengan skema penawaran tahun 2018 akhirnya diteken. Tiga blok itu adalah East Seram, East Ganal, dan Southeast Jambi. Dari ketiganya, Blok East Ganal yang memiliki komitmen pasti paling besar.

Komitmen pasti Blok East Ganal mencapai US$ 35,350 juta. Blok yang akan dikelola Eni East Ganal Limited ini akan melakukan studi Geologi & Geofisika (G&G) dan pengeboran satu sumur eksplorasi sebagai komitmennya. Adapun bonus tanda tangan blok yang berlokasi di lepas pantai Selat Makassar, Kalimantan Timur itu mencapai US$ 1,5 juta.

Menurut Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, komitmen pasti yang dibayarkan Eni itu paling besar dari dua blok lainnya karena akan mengebor di Blok East Ganal. “Mereka langsung mengebor karena berdasarkan strategi analisisnya yakin ada gas," kata dia di Jakarta, Selasa (17/7).

Adapun komitmen pasti Blok East Seram hanya US$ 900 ribu. Dengan dana itu, Balam Energy Pte. Ltd yang menjadi operator blok tersebut akan melakukan studi G&G, seismik dua dimensi (2D), dan sepanjang 500 kilometer (km). Bonus tanda tangan blok yang terletak di daratan dan lepas pantai Maluku mencapai US$ 500 ribu.

Advertisement

Blok Southeast Jambi diteken  Konsorsium Repsol Exploracion South East Jambi B.V. dan MOECO Southeast Jambi B.V. Komitmen pastinya terdiri dari G & G, seismik 2D sepanjang 300 km dengan total US$ 4,650 juta. Bonus tanda tangannya US$ 500 ribu. Blok ini berlokasi di daratan Jambi dan Sumatera Selatan.

Menurut Djoko, alasan kontraktor belum mengebor sumur di East Seram dan Southest Jambi karena masih perlu melakukan kajian seismik terlebih dulu. "Drilling dilakukan setelah hasil seismik baik. Nanti dilihat potensi cukup besar kandungan minyak atau gas, baru dibuktikan dengan mengebor," kata dia.

Dengan ditekennya tiga blok tersebut, maka empat blok hasil lelang dengan skema penawaran langsung tahun ini sudah seluruhnya ditandatangani. Sebelumnya Blok Citarum telah diteken pada Kamis (7/6) lalu.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan dengan ditekennya tiga blok tersebut, maka jumlah blok eksplorasi yang aktif bertambah menjadi 81 blok. Sebelumnya 78 blok.

(Baca: Hingga Juni, 19 Blok Migas Dikembalikan ke Negara)

Ego berharap kontraktor tersebut menjalankan komitmen pastinya dalam tiga tahun ke depan. “Janji komitmen pasti harus jalan. Jangan seperti dulu, cuma tanda tangan ada masalah dilupakan,” kata dia.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait