Harga BBM Pertamax di Jawa per 1 Juli Naik Rp 600, Papua Turun

Arnold Sirait
1 Juli 2018, 13:24
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) menerapkan kebijakan berbeda untuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax di Indonesia Kawasan Barat dan Timur. Per 1 Juli 2018, harga Pertamax untuk wilayah barat seperti Pulau Jawa mengalami kenaikan. Sebaliknya di kawasan timur seperti Papua justru turun.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan kenaikan harga Pertamax ini seiring dengan tren harga minyak dunia. “Harga minyak dunia juga sedang naik,” ujar dia kepada Katadata.co.id, Minggu (1/7).

Namun, kenaikan itu masih sesuai dengan peraturan yang ada yakni margin di bawah 10% dari harga dasar. Kenaikan harga itu juga masih di bawah kompetitor yang menjual BBM beroktan sama seperti PT Total Oil Indonesia dan PT Shell Indonesia.  

Saat ini, harga Pertamax di Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 9.500 per liter. Sebelumnya, harganya hanya Rp 8.900 per liter.

Adapun data BPH Migas per 10 Juni 2018, Total menjual Performance 92 dengan harga Rp 9.500 per liter. Sedangkan Shell menjual BBM beroktan 92 dengan merek Super di harga Rp 9.600 per liter.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...