Pertamax jadi BBM Primadona Selama Mudik Lebaran

Arnold Sirait
11 Juni 2018, 11:42
Motoris Satgas BBM Pertamina
Arief Kamaludin | Katadata
PT Pertamina (Persero) telah menyiagakan 63 titik KIOSK Pertamax di area Jawa dan Sumatera untuk menghadapi libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2018. Stand KIOSK PERTAMAX juga akan hadir di beberapa ruas tol fungsional yang akan dilalui Pemudik.

Pertamax menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi primadona sepekan menjelang Lebaran. Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan 92 ini paling laris di jual selama arus mudik.

Per Sabtu (9/6) pekan lalu, konsumsi Pertamax naik 24% dibandingkan harian normal. Pertumbuhan itu melampaui kenaikan rata-rata BBM secara keseluruhan yakni 7%.

Berdasarkan data Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2018 Pertamina, Sabtu siang, 9 Juni 2018, penyaluran Pertamax mencapai 22,1 juta liter. Pada kondisi normal, penyaluran rata-rata Pertamax hanya 17,8 juta liter.

Sementara itu, produk unggulan untuk kendaraan diesel yakni Dex naik menjadi 773 ribu liter. Adapun rata-rata harian normal 729 ribu liter. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan kenaikan konsumsi itu sesuai estimasi perseroan. "Meningkatnya konsumsi Pertamax dan Dex mencerminkan kesadaran konsumen memakai BBM berkualitas untuk menjaga mesin kendaraan selama perjalanannya," ujar dia berdasarkan keterangan resminya, dikutip Senin (11/6).

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III Dian Hapsari Firasati mengatakan konsumsi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di tol mulai menunjukkan kenaikan.  Kenaikan Pertamax adalah 20% dibandingkan kondisi normal. "Berdasarkan pantauan kami permintaan terus meningkat seiring padatnya kendaraan. Hingga hari ini, kenaikan yang paling tinggi adalah Pertamax," ujarnya.

meningkatnya permintaan Pertamax bukan hanya terjadi di SPBU, tapi di fasilitas Kios BBM Kemasan. "Terutama di titik yang habis mengalami kepadatan cukup tinggi biasanya konsumen langsung mengisi BBM Kemasan. Ini terlihat di KM 33," ujar dia.

Selama arus mudik, Pertamina membuka 60 titik Kios BBM Kemasan yang tersebar di Jawa dan Sumatra. Perinciannya, 54 titik tersebar di Pulau Jawa dan 6 titik sisanya tersebar di Sumatera.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...