Harga BBM di SPBU Shell Naik per 1 Juni 2018

Anggita Rezki Amelia
28 Mei 2018, 20:00
SPBU Shell
Arief Kamaludin (Katadata)

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi yang dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Shell Indonesia akan naik per 1 Juni 2018. Kenaikan itu setelah melaporkan dan mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan kenaikan harga BBM ini akan dituangkan dalam surat yang diterbitkan Direktorat Jenderal Migas. "Shell itu nanti diputuskan harganya tanggal 31 Mei 2018 dan resmi berubah per 1 Juni 2018. Saya lagi minta staf hasil hitung-hitungannya," kata dia di Jakarta, Senin (28/5).

Advertisement

Menurut Djoko, margin yang diambil Shell ketika menaikkan harga BBM tidak boleh lebih dari 10%. Ini sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 21 tahun 2018.

Berdasarkan catatan BPH Migas, ada empat jenis BBM yang dipasarkan Shell di wilayah Jakarta. Per 24 Maret 2018, harga BBM keluaran Shell untuk jenis Super sebesar Rp 9.350 per liter, V-Power Rp 10.550, Diesel Rp 10.450 per liter, dan regular atau BBM setara Pertalite Rp 8.500 per liter.

(Baca: Shell Beri Masukan ke Pemerintah Soal Pengaturan Harga BBM Nonsubsidi

Selain Shell, Total Oil Indonesia dan AKR Corporindo juga telah mengajukan permohonan kenaikan harga BBM nonsubsidi kepada pemerintah. Permohonan itu masih dikaji Kementerian ESDM.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement