Hingga Mei, Amman Mineral Ekspor 81 Ribu Ton Konsentrat

Arnold Sirait
25 Mei 2018, 10:20
Newmont_www.ptnnt_.co_.id_2.jpg
www.ptnnt.co.id

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) berhasil mengekspor 81 ribu ton konsentrat sejak Februari hingga pertengahan Mei 2018. Izin ekspor perusahaan yang terafiliasi dengan Arifin Panigoro ini akan berlangsung hingga 15 Februari 2019.

Presiden Direktur AMNT Rachmat Makkasau mengatakan pemerintah memberikan izin ekspor hingga 450.826 ton konsentrat. "Kami sudah 18% dari kuota yang kami dapatkan," kata dia di Jakarta, Kamis (25/5).

Adapun hasil produksi Amman terdiri dari emas dan tembaga. Hingga akhir tahun, perincian produksinya yakni emas sebanyak 100 kilo oz dan 197 juta pound tembaga dalam bentuk konsentrat dari tambang Batu Hijau.

Saat ini, Amman membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter).  Menurut Rachmat, sejauh ini proyek smelter itu masih tahap penyiapan lahan. Dalam satu bulan ke depan akan masuk tahap kajian desain akhir (Front End Engineering Design/FEED).

Sementara itu, Head of Corporate Communications Amman Mineral Anita Avianty mengatakan Tambang Batu Hijau sudah memasuki fase terakhir proyek penambangan.  Jadi, asumsinya lahan ini masih dapat berproduksi hingga tahun 2037 atau 2038. 

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia, Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...