Enam Efek Domino yang Harus Diwaspadai Akibat Naiknya Harga Minyak

Anggita Rezki Amelia
11 Mei 2018, 19:51
Sumur Minyak
Chevron

Harga minyak mentah terus mengalami tren kenaikan setelah adanya isu mengenai keluarnya Amerika Serikat dari kesepakatan nuklir Iran. Kenaikan harga minyak itu bisa membawa efek domino bagi perekonomian Indonesia.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan tren harga minyak ke depan kemungkinan akan semakin menguat. Apalagi dengan adanya keputusan Amerika Serikat terkait kesepakatan nuklir Iran.

Advertisement

Kesepakatan dengan nuklir Iran ini diteken 2015 antara Iran dan Tiongkok, Prancis, Jerman, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat. Dengan kesepakatan itu, sanksi Iran bisa dicabut asalkan mereka mau membatasi program nuklirnya. Jadi, jika kesepakatan itu dibatalkan, pasokan minyak dari Iran bisa berkurang. 

Menurut Komaidi, kenaikan harga minyak yang tinggi akan relatif tidak menguntungkan Indonesia. Ini karena Indonesia sudah menjadi net importir sejak tahun 2002. “Indonesia perlu berhati-hati,” kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (11/5).

Efek pertama yang akan dirasakan Indonesia akibat kenaikan harga minyak mentah  adalah membengkaknya subsidi energi di luar kapasitas fiskal. Kedua, kebutuhan devisa impor makin besar. Ketiga, nilai tukar berpotensi semakin terdepresiasi.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement