Dirjen Migas Minta Plt Dirut Pertamina Cegah Kelangkaan BBM dan LPG

Anggita Rezki Amelia
20 April 2018, 21:11
spbu-pertamina-2.jpg

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto memiliki harapan kepada Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Salah satunya adalah mengenai distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji (Liquefied Petroleum Gas/LPG).

Djoko berharap, Nicke yang menggantikan Elia Massa Manik itu bisa membawa kinerja Pertamina ke arah yang lebih baik. Dari segi Kementerian, Pertamina diharapkan dapat menjalankan aturan dan kebijakan yang sudah ada. Di sisi korporasi, harapannya profitnya lebih baik.

Advertisement

Selain itu, Nicke diminta menjaga distribusi BBM dan LPG agar kinerjanya lebih baik lagi. “Jangan sampai terjadi kelangkaan lagi,” kata dia di Jakarta, Jumat (20/1).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mencopot Elia Massa Manik dari posisi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Ini merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) pada hari ini.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan ada lima jajaran direksi yang dicopot. "Bahwa telah dilakukan RUPS untuk Pertamina. Ibu menteri selaku RUPS telah buat keputusan pemberhentian dengan hormat," kata dia di Jakarta, Jumat (20/4). 

Ada lima posisi yang diganti dalam RUPS termasuk Direktur Utama Elia Massa Manik. Kemudian, Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia (MPPP) Pertamina Ardhy N. Mokobombang, Direktur Pengolahan Toharso, Direktur Manejemen Aset Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Pemasaran Korporat Muchamad Iskandar.

(Baca: Jadi Plt Dirut Pertamina, Nicke Akan Teruskan Program Lama

Adapun, susunan direksi yang baru adalah Pelaksana tugas Direktur Utama sekaligus Direktur SDM Nicke Widyawati. Selain itu, Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif, Direktur Keuangan Arief Budiman, Direktur Pemasaran Korporasi Basuki Trikora Putra, Direktur Pemasaran Retail Masud Hamid, Direktur Manajemen Aset, M. Haryo Junianto, Direktur MPPP Heru Setiawan, Direktur Infrastruktur Gandhi Sriwidjojo.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement