Fasilitas Resmi Beroperasi, Produksi Blok A Terus Dipacu

Anggita Rezki Amelia
3 April 2018, 12:11
Blok migas
Katadata

Proyek fasilitas produksi Blok A di Aceh akhirnya selesai dan resmi beroperasi. Proyek ini nantinya akan mendukung produksi minyak dan gas bumi (migas) nasional.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan proyek itu sudah beroperasi sejak akhir Maret lalu. "Semenjak 25 Maret 2018 sudah mulai testing, produksi sedang diprogramkan untuk ramp up," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (2/4).

Advertisement

Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Marzuki Daham mengatakan saat ini produksi gas dari Proyek Fasilitas Produksi Blok A sebesar 5 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Nantinya produksi tersebut akan meningkat. "Ramping up jadi 58 mmscfd Juni nanti," kata dia.

Menurut Marzuki Blok A memiliki potensi memproduksi minyak dan gas bumi. Namun, untuk tahap awal memang baru memproduksi gas bumi. Minyak dari Blok tersebut akan mengalir Juni mendatang, menunggu beroperasinya  Lapangan Alur Siwah di Blok A.

Fasilitas produksi Blok A ini termasuk ke dalam tujuh proyek migas yang akan beroperasi tahun ini. Kapasitas produksinya mencapai 3.100 barel per hari (bph) untuk minyak dan 55 mmscfd gas.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement