Awal Mei, Pertamina Teken Kontrak Lapangan Mansouri di Iran

Anggita Rezki Amelia
28 Maret 2018, 19:02
Sumur Minyak
Chevron

PT Pertamina (Persero) menargetkan penandatanganan kontrak Lapangan Mansouri di Iran bisa terlaksana Mei mendatang. Ini mundur dari target awal yakni April 2018. Penyebabnya karena Pertamina harus mencari mitra lainnya untuk berbagi risiko dalam mengelola lapangan minyak itu.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan sebenarnya sudah mempunyai mitra yang memegang hak kelola 20%. Mitra ini adalah perusahaan lokal. Itu merupakan syarat yang diajukan pemerintah Iran kepada Pertamina untuk menandatangani kontrak.

Namun, mitra itu dirasa belum cukup. Alhasil, Pertamina merasa masih perlu mencari mitra baru. Tujuannya untuk membagi risiko. Apalagi, Iran sampai saat ini masih mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat.  

Sampai saat ini ada beberapa perusahaan lokal di Iran dan internasional yang berminat menjadi mitra Pertamina. Proses pencarian mitra itu juga masih berjalan. Syamsu urung merinci berapa persen hak kelola yang akan diberikan Pertamina kepada mitranya.

Di lain kesempatan, Syamsu pernah mengatakan dari 80% hak kelola yang tersisa, Pertamina akan memegang 30-35%. Sisanya akan diberikan kepada mitra.

Meski begitu, Pemerintah Iran juga memberi kelonggaran bagi Pertamina. “Pemerintah Iran kasih kemudahan kalau belum dapat mitra sampai awal Mei, tidak apa–apa.  Pertamina dulu yang signing," kata dia di Jakarta, Rabu, (28/3).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...