Pertamina Akan Kurangi Premium Saat Asian Games & Pertemuan IMF

Anggita Rezki Amelia
26 Maret 2018, 22:54
Premium pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Petugas SPBU mengisikan bahan bakar jenis premium kepada kendaraan pelanggan di Jakarta.

PT Pertamina (Persero) akan mengurangi penjualan Bahan Bakar Minyak/BBM jenis Premium selama pesta olahraga negara-negara Asia atau Asian Games di Jakarta, Bandung dan Palembang, serta pertemuan International Moneter Fund/IMF di Bali. Ini sesuai dengan surat dari Menteri Lingkungan dan Kehutanan/LHK Siti Nurbaya ke Presiden Joko Widodo yang ditembuskan ke Direktur Utama Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan dalam surat itu Menteri LHK mendorong penyediaan BBM dengan kualitas standar EURO 4. Saat ini BBM yang memiliki kualitas standar EURO 4 adalah Pertamax Turbo.

Advertisement

Alhasil, jika diminta menjual BBM standar EURO 4 akan ada varian yang dipangkas. Ini karena keterbatasan tangki. “Apa yang harus dikurangi? ya Premium. Ini karena Premium itu kan merusak kesehatan lingkungan, buat Asian Games saja tidak boleh,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (26/3).

Menurut Adiatma, salah satu pertimbangan menjual BBM standar EURO 4 adalah demi lingkungan. Menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kualitas udara harus  25 ug/m3. Sedangkan menurut data KLHK, di Jakarta, kualitas udaranya sudah mencapai 35 ug/m3.

Atas dasar itu, Pertamina diminta wajib menyediakan Pertamax Turbo selambat-lambatnya Mei 2018. Ini karena Asian Games akan dihelat Agustus 2018 dan pertemuan IMF di Bali akan digelar Oktober 2018. Adapun, BBM standar EURO 4 itu wajib tersedia di Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi/Jabodetabek, Palembang, Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi dan Labuan Bajo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement