Wamen ESDM Minta Biaya Pengembangan Blok Kasuri Diaudit

Anggita Rezki Amelia
15 Maret 2018, 20:41
Rig Minyak
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta Genting Oil mengaudit biaya yang telah dikeluarkan pada pengembangan Blok Kasuri. Ini penting dalam rangka menurunkan penggantian biaya operasi (cost recovery) pada blok tersebut.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar membantah audit itu dilakukan karena biaya yang sudah dikeluarkan Genting sebagai operator terlalu tinggi. Yang benar, pemerintah selalu menginginkan biaya yang dikeluarkan kontraktor dalam pengembangan blok itu masuk akal.

Dengan itu, harapannya, biaya yang dikeluarkan kontraktor dan akan diganti pemerintah memiliki dasar yang kuat. “Kami minta audit secara teknikal dan komersial oleh lembaga atau konsultan yang capable 
untuk menilai apakah cost-nya reasonable," kata Arcandra di Jakarta, Kamis (15/3).

Saat ini pengembangan Blok Kasuri masih dalam proses konsultasi dengan Pemerintah Daerah Papua. Setelah proses konsultasi selesai, akan dilanjutkan dengan persetujuan pengembangan (Plan of Development/PoD) Blok Kasuri.

Namun, proses persetujuan PoD Blok Kasuri itu tidak perlu menunggu proses audit tersebut selesai. "PoD dulu, nanti dia dalam proses sunk cost itu diaudit. Dan jika dia bersedia kalau ada hal-hal yang sunk cost-nya yang kurang, dan perlu diperbaiki, maka diperbaiki," kata Arcandra.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...