PetroChina Tertarik Jadi Mitra Pertamina di Dua Blok Migas

Anggita Rezki Amelia
5 Maret 2018, 19:39
PetroChina International Jabung
KATADATA
PetroChina

PetroChina masih menaruh minat mengelola Blok East Kalimantan dan Attaka di Kalimantan Timur. Perusahaan minyak dan gas bumi/migas asal Tiongkok tersebut bahkan membuka peluang menjadi mita PT Pertamina (Persero) di dua blok migas tersebut.

Vice President Human Resources & Relations Maryke P.Y. Pulunggono mengatakan hingga kini memang belum ada tawaran dari Pertamina bermitra di Blok East Kalimantan dan Attaka. Namun, itu peluang kerja sama tetap terbuka.

Nantinya, kerja sama itu akan dibahas dengan mekanisme bisnis yang wajar (business to business/ b to b). "Kalau diundang untuk kerja sama dengan Pertamina, pada prinsipnya PetroChina siap dan sangat terbuka untuk business to business," kata Maryke kepada Katadata.co.id, Senin (5/3).

PetroChina memang berminat mengelola dua blok itu. Bahkan ketika Pertamina menolak mengelola blok itu karena ada kewajiban dana pemulihan tambang (Abandonment Site and Restoration/ASR) dan Kementerian ESDM akan melelangnya PetroChina siap ikut.

Oktober 2017, Petrochina juga menyampaikan surat ke Kementerian ESDM mengenai minatnya terhadap dua blok itu. Saat ini perusahaannya mempersiapkan data teknik untuk bisa mengikuti lelang blok Attaka dan East Kalimantan.

Di sisi lain PetroChina, tidak mempermasalahkan kontrak yang akan digunakan dalam pengelolaan dua blok tersebut. Dua blok ini akan menggunakan kontrak gross split.

Sebagaimana diketahui, Kontrak Blok East Kalimantan akan berakhir Oktober tahun 2018. Saat ini blok tersebut masih dikelola perusahaan asal Amerika Serikat Chevron Indonesia.

(Baca: PetroChina Ajukan Minat Kelola Blok East Kalimantan Pakai Gross Split)

Sementara kontrak Blok Attaka berakhir 31 Desember 2017 lalu. Blok ini untuk sementara dikelola PT Pertamina (Persero) dan Chevron Indonesia selama 10 bulan atau hingga kontrak East Kalimantan berakhir.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...