Menteri Rini Bantah Restrukturisasi Bikin “Gemuk” Pertamina

Anggita Rezki Amelia
21 Februari 2018, 18:17
Rini Soemarno
Arief Kamaludin|Katadata

Menteri Badan Usaha Milik Negara/BUMN Rini Soemarno membantah restrukturisasi menambah “gemuk” PT Pertamina (Persero). Justru restrukturisasi ini bisa memperkuat perusahaan pelat merah itu, terutama di sektor hilir minyak dan gas bumi/migas.

Menurut Rini, efisien tidaknya Pertamina bukan dilihat dari jumlah direksi. “Tapi bagaimana mereka melakukan pengadaan dan pengiriman barang dengan sistem baik. Sehingga cost-nya turun. Jadi ini bukan karena tambah satu direksi dua direksi," kata dia di Jakarta, Rabu (21/2).

Dengan restrukturisasi ini, Pertamina akan fokus ke bisnis hilir, terutama memperbaiki pelayanan ke masyarakat. Sebab kinerja hulu migas Pertamina sudah cukup baik. Jadi perlu menyeimbangkan kinerja hilirnya juga.

Salah satu yang disoroti adalah mengenai tata kelola penjualan Bahan Bakar Minyak/BBM dan elpiji. “Saya tidak mau melihat tiba-tiba enggak ada elpiji di mana-mana dan BBM kosong. Ini yang harus dihindari, karena itu kami harus tingkatkan untuk management di hilirnya," ujar Rini.

Untuk menghindari kelangkaan dua komoditas itu, dalam restrukturisasi, Pertamina menambah Direktorat Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur. Kemudian memecah Direktorat Pemasaran menjadi dua yakni Pemasaran Korporat dan Direktorat Ritel. Hal lainnya adalah menghapus Direktorat Gas.

Rini juga berharap restrukturisasi ini Pertamina makin kompetitif. Apalagi, makin banyak pesaing yang berbisnis di sektor hilir. “Competitiveness-nya itu harus ditingkatkan, pemain lain itu sudah banyak yang masuk," kata Rini.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...