Lantik 85 Pejabat ESDM, Jonan Ingatkan Jangan Terima Titipan

Anggita Rezki Amelia
15 Februari 2018, 14:10
Jonan
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali mengalami perombakan. Kali ini perombakan terjadi di lingkungan pejabat eselon dua, tiga dan empat.

Adapun jumlah yang dilantik hari ini mencapai 85 orang. Ini terdiri dari Sekretariat Jenderal, Direktorat Migas,Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Minerba, Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Badan Geologi, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM, Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional, dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Advertisement

Perinciannya adalah eselon II sebanyak tiga orang. Kemudian eselon II ada 38 orang. Sedangkan perombakan eselon IV paling banyak, hingga 44 orang.

Menteri ESDM Ignasius Jonan berharap pejabat yang dilantik itu tidak boleh menerima titipan dari pihak mana pun, karena bisa mencederai integritas. "Saya orangnya kalau ada yang menitip, tidak mau," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (15/2).

Titipan yang dimaksud Jonan adalah regulasi yang akan dibuat. Titipan itu membuat aturan tidak sesuai dengan keinginan pemerintah dan membuat dunia usaha sulit.

Salah satu contohnya adalah jasa katering di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas). Untuk membuka usaha katering di Ditjen Migas tidak perlu surat keterangan terdaftar seperti yang ada saat ini.  

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement