Pertamina Evaluasi Peluang Ikut Lelang Blok Migas Tahun Ini

Pertamina kini masih mengevaluasi potensi blok yang akan dilelang.
Anggita Rezki Amelia
14 Februari 2018, 14:17
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) berencana mengikuti lelang blok minyak dan gas bumi/migas tahun ini. Lelang blok migas ini akan dilakukan bertahap oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan keikutsertaan dalam lelang ini merupakan salah satu cara untuk bisa mengelola blok eksplorasi. Selain itu ada cara melalui hak istimewa sebesar 15% dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Jadi, Pertamina tidak akan bergantung dari adanya hak istimewa. “Pertamina bukan hanya ingin mendapatkan participating interest dengan cara itu, tapi kami juga sedang melakukan evaluasi secara sendiri maupun bersama partner untuk mengikuti proses lelang blok eksplorasi,” kata dia kepada Katadata, Selasa (13/2).

Kementerian ESDM memang sedang menyiapkan aturan baru mengenai tata cara penetapan dan penawaran blok migas. Aturan itu nantinya akan memberikan keistimewaan kepada Pertamina mendapatkan 15% hak kelola melalui proses bisnis wajar (business to business/b to b) di blok migas yang sudah dimenangkan.

Advertisement

Adapun, aturan baru itu merupakan penggabungan dari tiga regulasi sebelumnya yang sudah diterbitkan mengenai lelang. Pertama, Peraturan Menteri ESDM (Permen) Nomor 35 Tahun 2008 tentang tata cara penetapan dan penawaran wilayah kerja migas.

Kedua, Permen ESDM Nomor 36 Tahun 2008 tentang tata cara penetapan dan penawaran wilayah kerja gas metana batu bara. Ketiga, Permen ESDM Nomor 5 Tahun 2012 tentang tata cara penetapan dan penawaran wilayah kerja minyak dan gas bumi nonkonvensional. Penggabungan ini tujuannya agar aturan yang ada lebih sederhana.

Hak istimewa itu kata Syamsu merupakan peluang yang sangat bagus bagi Pertamina. “Saya kira itu bagus karena ada kesempatan Pertamina untuk juga berpartisipasi di blok-blok eksplorasi selain yang saat ini sudah dikelola,” ujar dia.

(Baca: Pertamina Berpeluang Dapat 15% Hak Kelola dari Pemenang Lelang Blok)

Tahun ini Kementerian ESDM akan melelang 43 migas secara bertahap. Bulan ini diperkirakan hanya 25 blok migas yang akan dilelang. Perkiraannya lelang akan dibuka pada 15-20 Februari 2018.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait