37,23 TBTU Gas Blok Simenggaris dan Senoro Toili Dipasok ke PLN

Blok Simenggaris akan memasok 21,6 TBTU. Sedangkan Senoro Toili 15,6 TBTU.
Anggita Rezki Amelia
6 Februari 2018, 11:21
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P)  dan PT Pertamina Hulu Energi yang tergabung dalam satu badan operasi bersama menjual gas dari Blok Simenggaris, Kalimantan Utara dan Blok Senoro Toili, Sulawesi Tengah ke PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero). Ini merupakan bagian dari mendukung pemenuhan kebutuhan gas bagi industri domestik.

Pasokan gas ke PLN itu ditandai melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG). PJBG pertama, yakni antara Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi dan PLN. Kedua, PJBG antara JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris dan PLN.

Penandatanganan ini dilaksanakan di tengah acara Indopacific LNG Summit, 6 Februari 2018 di Bali. Direktur Utama Medco E&P Indonesia Ronald Gunawan menandatangani dua perjanjian tersebut dengan Direktur Pengadaan Strategis PLN Supangkat Iwan Santoso yang disaksikan oleh Deputi Keuangan dan Monetisasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Parulian Sihotang.

Direktur Utama Medco E&P Indonesia Ronald Gunawan mengatakan penandatangan itu membuktikan kerja sama yang sangat baik antara Medco E&P Indonesia dan Pertamina Hulu Energi mengelola lapangan minyak dan gas di Indonesia. Apalagi harga minyak  mulai membaik.

Advertisement

Harapannya, kerja sama itu bisa memberikan kontribusi positif di sektor energi. “Kami bangga, di tengah kondisi harga minyak yang mulai membaik, Perusahaan bersama mitra Pertamina Hulu Energi dapat melakukan PJBG ini dengan PLN, sehingga kami dapat berkontribusi positif bagi kesuksesan program-program pemerintah di sektor energi dan terus mendukung program Pemerintah di bidang kelistrikan,” ujar Ronald berdasarkan keterangan resminya, Sealsa (6/2).

Dalam perjanjian ini, Blok Simenggaris di Kalimantan Utara akan memasok gas dengan total jumlah kontrak sebesar 21,6 TBTU hingga tahun 2028. Namun, jumlah penyerahan harian kepada PLN sebesar 8 BBTUD.

(Baca: Tak Laku, Pertamina Alokasikan Gas Simenggaris ke Kilang Cilacap)

Sementara, Blok Senoro Toili di Sulawesi Tengah akan memasok gas dengan total jumlah kontrak sebesar 15,63 TBTU sejak penandatanganan hingga 4 Desember 2027. Adapun, jumlah penyerahan harian kepada PLN sebesar 5 BBTUD.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait