Kementerian ESDM Targetkan Dirjen Migas Definitif Terpilih Awal Maret

Anggita Rezki Amelia
26 Januari 2018, 11:02
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) definitif terpilih Maret 2018. Saat ini, tim masih melakukan tahapan seleksi untuk mengisi posisi tersebut.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan baru menyelesaikan tahapan penilaian mengenai pengetahuan migas dan psikologi terhadap enam kandidat yang lolos seleksi administrasi. Setelah itu akan wawancara dengan para kandidat.

Advertisement

Targetnya awal Februari sudah terdapat kandidat terpilih yang akan diusulkan menteri ESDM kepada presiden. Kemudian diuji Tim Penilai Akhir (TPA) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Harapannya proses ini tidak memakan waktu lama. "Mudah-mudahan dalam waktu sebulan itu selesai, sehingga awal Maret dirjen migas yang baru sudah ada," kata Ego di Jakarta, Kamis (25/1).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, beberapa nama yang lolos dari tahapan administrasi itu merupakan pejabat Kementerian ESDM. Selain itu ada juga dari pejabat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Migas (SKK Migas).

Pertama, Agus Cahyono Adi yang saat ini menjabat Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. Kedua, Tunggal (Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas). Ketiga Susyanto (Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM).

Keempat, Ediar Usman (Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara Kementerian ESDM). Kelima Umi Asngadah (Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi baru, Terbarukan dan Konservasi Energi). Keenam, Djoko Siswanto (Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas).

(Baca: Enam Nama Lolos Seleksi Administrasi Dirjen Migas)

Ego pernah mengatakan ada beberapa kriteria Dirjen Migas yang dicari Kementerian ESDM. Salah satunya berpengalaman minimal tujuh tahun di sektor hulu minyak dan gas bumi. Dirjen Migas yang baru nanti juga diharapkan bisa memangkas birokrasi dan membuat perizinan lebih sederhana. 

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement