Pertamina Resmi Alihkan 10% Hak Kelola Blok ONWJ ke BUMD Jabar

Anggita Rezki Amelia
19 Desember 2017, 20:22
Rig Minyak
Katadata

PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) resmi mengalihkan 10% hak kelola Blok ONWJ ke PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ). Ini sesuai Peraturan Menteri ESDM No. 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% Pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Pengalihan hak kelola ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara Direktur Utama PHE ONWJ Beni J Ibradi dan Direktur Utama MUJ ONWJ Ryan Alfian Noor. Kemudian disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Muadzin Mungkasa mewakili Gubernur DKI Jakarta.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M Atok Urrahman, GM PHE ONWJ Siswantoro, SVP Development & Technology Pertamina (Persero) Panji Sumirat. Acara penandatanganan tersebut dilakukan di Gedung Sate, Bandung,  Selasa, 19 Desember 2017.

Direktur Utama PHE ONWJ Beni J Ibradi berharap pengalihan hak kelola ini bisa memajukan industri migas di Jawa Barat dan DKI Jakarta, guna mendukung kebutuhan energi nasional. “PHE ONWJ mendukung penuh penyertaan Participating Interest 10% kepada pemerintah daerah,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Selasa (19/12).

Adapun produksi minyak dan gas bumi PHE ONWJ disalurkan seluruhnya untuk kebutuhan strategis nasional seperti Bahan Bakar Minyak (BBM), pembangkit listrik dan bahan baku pembuatan pupuk. Di sisi lain, keterlibatan BUMD MUJ ONWJ juga merupakan partisipasi pertama dalam PSC Gross Split.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar yang memiliki saham terbesar di MUJ ONWJ Begin Troys berharap dengan kepemilikan hak kelola 10% di ONWJ, perusahaannya bisa memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kami berharap penandatanganan perjanjian ini menjadi tonggak baru keterlibatan Provinsi Jawa Barat,” ujar dia.

Pengalihan hak kelola ini juga melalui beberapa tahapan. Awalnya PT Migas Hulu Jabar ini terbentuk tahun 2014. Kemudian April 2015, Gubernur Jawa Barat mengirimkan surat kepada Menteri ESDM untuk meminta pengelolaan PI 10% pada WK ONWJ.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...