Kawasan Natuna Akhirnya Nikmati BBM Satu Harga

Arnold Sirait
4 Desember 2017, 21:08
BBM Satu Harga Natuna
ANTARA FOTO/M N Kanwa
Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa (kedua kanan), dan Bupati Natuna Hamid Rizal (kiri) meresmikan penyalur program BBM Satu Harga di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (4/12).

Kabupaten Natuna kini bisa menikmati harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan harga yang sama dengan yang sudah ditetapkan pemerintah. Hal ini seiring dengan diresmikannya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum-Nelayan (SPBU-N) di Kecamatan Bunguran dan Kecamatan Pulau Tiga.

Dua SPBU-N ini menjadi titik ke-33 dan 34 yang menikmati program BBM Satu Harga. Adapun pemerintah menargetkan ada 54 titik yang merasakan BBM Satu Harga sesuai program Nawacita Presiden RI terkait dengan ketahanan energi nasional.

Adapun dua titik SPBU-N yang telah melayani pembelian BBM berlokasi di Kabupaten Natuna itu, meliputi SPBU-N 18.297.067 PT. Sunarco Jl. Abdullah, Ds. Sabang Mawang, Kec. Pulau Tiga yang melayani kebutuhan Solar untuk nelayan dan usaha perikanan dan SPBU-N 18.297.077 PT. Bintang Utara Mandiri Jl. Raya Teluk Baruk, Ds. Sepempang, Kec. Bunguran Timur melayani pembelian Premium dan Solar untuk transportasi darat dan laut serta nelayan dan usaha perikanan.

Keberadaan kedua SPBU-N ini diharapkan memudahkan masyarakat memperoleh BBM dengan harga yang sama seperti di daerah lainnya yaitu Rp 6.450 per liter untuk Premium dan Rp 5.150 per liter untuk Solar. Sebelumnya, masyarakat harus membeli BBM Premium seharga 7.500 per liter dan Rp 6.000 per liter untuk Solar.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM Patuan Alfon Simanjutak mengatakan program ini bertujuan agar harga BBM yang sama dapat dinikmati oleh rakyat di seluruh Indonesia, khususnya di kawasan timur dan daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). “BBM ini kiranya dapat disalurkan secara langsung kepada konsumen pengguna dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah sehingga akan mendorong perkembangan perekonomian di daerah,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Senin (4/12).

Total kapasitas BBM di SPBU-N Bunguran Timur sebesar 36 Kiloliter (Kl) terdiri atas 18 kl Premium dan 18 KL Solar. Sedangkan total kapasitas BBM di SPBU-N Pulau Tiga sebesar 12 KL, perinciannya 6 KL Premium dan 6 KL Solar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...