Bandara Tanjung Warukin Dioperasikan Kembali

Arnold Sirait
4 Desember 2017, 19:04
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) akhirnya mengoperasikan kembali Bandar Udara (Bandara) di Tanjung Warukin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Pengoperasian kembali Bandara ini tujuannya untuk mengoptimalkan aset perusahaan.

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan bandara milik Pertamina ini memang sudah tidak beroperasi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bisa membebani perusahaan dari segi biaya pemeliharaan.

Dengan pengoperasian kembali itu harapannya bisa mengurangi biaya pemeliharaan. Selain itu juga menghindari penguasaan aset oleh pihak lain, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabalong dan sekitarnya.

Alhasil, aset yang dimiliki bisa lebih dioptimalkan. ”Ini sekaligus menjadi revenue tambahan bagi perusahaan,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Senin (4/12).

Untuk pelaksanaan operasional, Pertamina menjunjuk anak perusahaannya PT Pelita Air Service. Mereka nantinya akan  bekerjasama pengelolaan bandara (Kerja Sama Operasi/KSO) dengan UPT/ Dinas Perhubungan Pemkab Tabalong.

Untuk mengoptimalkan pengoperasian, Pertamina telah melakukan renovasi fasilitas bandara. Di antaranya Overlay Taxiway & Runway, Instrumentasi Bandara, Renovasi Terminal, Renovasi Tower, Marking, Perbaikan Apron, dan Pagar Perimeter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...