Pertamina Evaluasi Kelanjutan di Blok South Jambi B

Anggita Rezki Amelia
1 Desember 2017, 15:00
No image
Kantor pusat PT Pertamina, Jakarta.

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) tengah mengevaluasi kelanjutan di blok South Jambi B di bagian selatan Jambi. Blok ini akan berakhir kontraknya pada 2020 mendatang.

Presiden Direktur PHE Gunung Sardjono Hadi mengatakan perusahaan akan memutuskan hasil evaluasi dalam waktu dekat ini. "Saat ini belum bisa menyatakan tertarik atau tidak, karena sedang dalam proses evaluasi," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (30/11).

PHE sekarang memiliki hak kelola sebesar 25% di blok South Jambi B. Sementara operator blok tersebut adalah ConocoPhilips dengan hak kelola 45%. Sisanya dimiliki  Petrochina.

Awalnya  blok ini diberikan pemerintah kepada Asamera South Jambi Ltd., pada Januari 1990. Asamera adalah anak perusahaan Gulf Resources. Kemudian, diakuisisi oleh ConnocoPhillips yang menjadikannya sebagai operator blok.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, kontrak PSC Blok South Jambi B ditandatangani pada 29 Januari 1990 dan berakhir pada 25 Januari 2020. Wilayah kerjanya berada di darat dengan luas 594 mil persegi. Produksi gas lapangan pertama dimulai pada 2004. 

Adapun gas dari blok tersebut untuk memasok kontrak gas dengan Pte.Ltd melalui jalur pipa TGI Singapura. Selama kontrak 20 tahun blok tersebut  memasok 431 miliar kaki kubik (BCF) dari total 2,27  Triliun Kaki Kubik (TCF).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...