Pelaku Migas Minta Fleksibilitas Pengalihan Komitmen Eksplorasi

Anggita Rezki Amelia
23 November 2017, 18:48
Sumur Minyak
Chevron

Para pelaku industri hulu minyak dan gas bumi (migas) menyambut baik rencana pemerintah menerapkan kebijakan pengalihan komitmen eksplorasi antarblok. Namun, mereka berharap kebijakan pengalihan itu bisa lebih fleksibel.

Direktur Eksekutif Indonesian Petroleum Association (IPA) Majolijn Wajong mengatakan pengalihan komitmen eksplorasi ini bisa mempertimbangkan keadaan dan kebutuhan di suatu wilayah. Misalnya, di satu blok migas ada komitmen eksplorasi untuk mengebor sumur. Namun, komitmen itu ingin dipindahkan karena tidak ekonomis.

Di sisi lain, wilayah kerja yang akan menerima pengalihan itu lebih memerlukan komitmen eksplorasi berupa survei seismik, bukan pengeboran. Alhasil, pemerintah bisa menyetujui untuk mengganti komitmen eksplorasi ke survei. “Jadi sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada pada wilayah kerja yang menerima pengalihan komitmen pasti tersebut," kata Marjolijn kepada Katadata.co.id, Kamis (23/11).

Marjolijn berharap dalam menyusun aturan itu, pemerintah bisa melibatkan pelaku industri. Bahkan IPA siap memberikan masukan yang konstruktif.

Selain Marjolijn, Joint Venture and PGPA Manager Ephindo Energy Private Ltd Moshe Rizal Husin juga menyambut rencana kebijakan itu. Apalagi, kebijakan itu merupakan usulan dari kontraktor migas yang memiliki wilayah kerja nonkonvensional, terutama gas, metana dan batu bara (Coal Bed Methane/CBM).

Upaya tersebut diharapkan dapat menjadi terobosan membantu iklim industri hulu migas bisa kembali bergairah. Ini karena masing-masing blok yang masih eksplorasi punya potensi dan rosiko yang berbeda. “Dengan kesempatan pengalihan komitmen kami bisa fokuskan dana dan energi ke blok yang berisiko kecil dan potensi produksi lebih besar," kata Moshe. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...