Produksi Gas Akan Capai 4.000 MMSCFD Ditopang Lima Proyek Besar

Anggita Rezki Amelia
22 November 2017, 17:24
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Produksi gas Indonesia berpeluang meningkat hingga 4.000 MMSCFD. Penyebabnya adalah dalam tujuh tahun ke depan, terdapat beberapa proyek gas skala besar yang akan beroperasi.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sukandar mengatakan salah satu proyek yang akan menyumbang tambahan produksi adalah Jangkrik di Blok Muara Bakau. Proyek yang dikelola Eni ini sudah berproduksi sejak Mei 2017 lalu.

Proyek Jangkrik saat ini sudah memproduksi gas sebesar 600 MMSCFD. Capaian itu melampaui target awal yang hanya 450 MMSCFD.

Selain Jangkrik, ada proyek gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) Tangguh Train 3 yang akan berproduksi tahun 2020. Proyek yang dikelola BP ini nantinya menghasilkan gas hingga 700 mmscfd.

Proyek lainnya adalah ultra laut dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD) Chevron di Lapangan Gehem dan Gendalo. Lapangan Gendalo akan beroperasi tahun 2022 dan memproduksi 700 mmscfd. Sedangkan Lapangan Gehem beroperasi tahun 2023 dengan produksi 420 mmscfd.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...