Proyek Pipa Duri-Dumai Resmi Dibangun

Anggita Rezki Amelia
13 November 2017, 18:00
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

Setelah beberapa kali tertunda, PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN akhirnya melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek pipa transmisi gas bumi Duri-Dumai. Dengan acara itu, maka proses konstruksi proyek pipa yang ada di Riau ini resmi dimulai.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan proyek ini memang menghadapi beberapa kendala untuk melakukan konstruksi. Kendala pertama adalah sinergi antara PGN dan Pertamina. Kesulitan ini terjadi karena, PGN merupakan perusahaan terbuka, sedangkan Pertamina tidak.

Kendala kedua adalah masih ada perbedaan pandangan mengenai proses groundbreaking. Pertamina menginginkan titik awal konstruksi dimulai di Dumai, sedangkan PGN di Duri. "Musyawarah tidak ada keputusan juga, jalan tengahnya di Kementerian ESDM. Kalau ditunda terus, bagaimana mau selesai," kata Arcandra dalam acara groundbreaking pipa Duri-Dumai di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (13/11).

Dengan melakukan groundbreaking di Kementerian ESDM ini bisa lebih efisien, sebab tidak mengeluarkan biaya dan waktu untuk menuju lokasi proyek. Hal ini bukan karena dirinya tidak mau menghadiri proses peresmian peletakan batu pertama proyek tersebut. 

Penugasan Pertamina dan PGN untuk membangun pipa Duri-Dumai sudah diputuskan melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 5975 K/12/MEM/2016 tanggal 27 Juni 2016. Penugasan tersebut ditindaklanjuti kedua belah pihak dengan penandatanganan kesepakatan awal (Head of Agreement/HoA) Pipa Duri-Dumai tanggal 9 Juni 2017. 

Kemudian 27 Juli 2017, Pertamina mengalihkan HoA tersebut kepada  anak usahanya PT Pertagas. Adapun pada hari Jumat,(10/11) PGN dan Pertagas juga telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai di Kantor Kementerian BUMN. Dalam kerja sama operasi itu PGN mengempit 40% hak kelola dan Pertagas sebesar 60%.

Pipa gas Duri-Dumai memiliki diameter 24 inch dan panjang sekitar 64 kilometer (km). Titik awal adalah di Duri Meter Station pipa Grissik-Duri dan titik akhir di Kilang Pertamina Refinery Unit I Dumai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...