Dapat Restu Iran, Pertamina Bersiap Jadi Operator Lapangan Mansouri

Anggita Rezki Amelia
6 November 2017, 12:43
No image
Kantor pusat PT Pertamina, Jakarta.

PT Pertamina (Persero) telah menerima restu dari pemerintah Iran untuk mengelola Lapangan Mansouri di Iran. Artinya, sebentar lagi, perusahaan pelat merah ini bisa menjadi operator di lapangan tersebut.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan saat ini pengelolaan lapangan tersebut masih dalam proses administrasi. “Kalau misalnya tahun ini kontrak selesai, kami langsung operate,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, akhir pekan lalu.

Advertisement

Adapun, dalam mengelola lapangan itu, Pertamina akan bermitra dengan perusahaan lokal. Perusahaan asal Iran itu nantinya akan mendapatkan hak kelola sebesar 20%. Sedangkan Pertamina menargetkan bisa memiliki hak kelola 30% sampai 35%. Sisanya akan mencari mitra baru.

Menurut Syamsu, keinginan Pertamina memiliki hak kelola 30% hingga 35% setelah mempertimbangkan teknis dan korporasi. Adapun, belanja modal (capital expenditure) untuk mengelola lapangan itu mencapai US$ 6 miliar selama 20 tahun.

Belanja modal itu nantinya tidak hanya ditanggung Pertamina. “Dibagi saja proporsional sesuai dengan hak kelola,” ujar Syamsu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement