Pemerintah Dorong Vivo Ikut Program BBM Satu Harga

Anggita Rezki Amelia
3 November 2017, 17:59
SPBU Vivo
Anggita Amalia|Katadata

Pemerintah mendorong PT Vivo Energy Indonesia ikut program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga. Artinya perusahaan ini nantinya akan menjual BBM dengan jenis yang sudah ditentukan pemerintah dan harga yang sama di seluruh Indonesia.

Untuk mewujudkan itu, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Harya Adityawarman akan mengundang manajemen Vivo pekan depan. "Besok Senin mau dirapatkan. Kami evaluasi apakah badan usaha itu bisa ditugaskan atau tidak," kata dia di Jakarta, Jumat (3/11).

Advertisement

Harya mengatakan manajemen Vivo sebenarnya sudah menyatakan siap untuk ikut program BBM Satu Harga. Hal itu disampaikan kepada Harya saat peresmian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Vivo di Cilangkap, Jakarta Timur beberapa pekan lalu.

Saat ini, Pemerintah memang baru mengkategorikan BBM Satu harga untuk dua komoditas. Pertama adalah Solar. Kedua, Premium di luar daerah Jawa, Madura dan Bali.

Sedangkan di sisi lain, Vivo baru menjual tiga jenis BBM di SPBU-nya. Jenis BBM itu adalah Revvo 89 yang berkadar oktan 89, kemudian Revvo 90 berkadar oktan 90 atau setara Pertalite yang dijual PT Pertamina (Persero). Selain itu ada Revvo 92 yang memiliki kadar oktan 92.

Meski begitu, harga Revvo 89 ini bisa lebih murah dibandingkan Premium yang berkadar oktan 88. Vivo mematok harga Revvo 89 sebesar Rp 6.100, sedangkan Pertamina menjual Premium di luar Jawa, Madura dan Bali Rp 6.450 per liter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement