Mundur Lagi, Proyek Pipa Duri-Dumai Akan Groundbreaking November

Arnold Sirait
24 Oktober 2017, 16:35
PGN
PGN
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) segera merealisasikan proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi Duri-Dumai di Provinsi Riau sepanjang 67 kilometer.

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN akan meletakkan batu pertama (groundbreaking) sebagai dimulainya proyek pipa transmisi gas bumi Duri-Dumai di Riau. Target ini meleset dari perkiraan awal yakni Oktober 2017.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya mengatakan pembangunan proyek itu akan memakan waktu 12 bulan, sehingga gas bisa mengalir ke pelanggan di Dumai 1 Oktober 2018. "Awal November PGN memulai pengerjaan proyek pipa transmisi gas bumi dari Duri ke Dumai sepanjang 67 kilometer (km),” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Selasa (24/10).

Advertisement

Pembangunan pipa ini segera terlaksana karena proses pembebasan lahan sudah hampir selesai. Menurut Danny, PGN nantinya akan bersinergi dengan PT Hutama Karya dalam masalah lahan ini. Jadi, pembangunan ruas pipa Duri-Dumai ini akan menggunakan lahan jalur tol Pekanbaru-Dumai.  

Selain lahan, perizinan lainnya juga sudah tidak ada masalah. Perusahaan pelat merah ini bahkan sudah memegang izin prinsip dari pemerintah wilayah, izin lingkungan dan perizinan lainnya yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek.  

Dalam melaksanakan proyek ini PGN tidak sendiri. Perusahaan ini bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Gas. Kerja sama ini merujuk pada Keputusan Menteri ESDM Nomor 4975 K/12/MEM/2016. Pada Juni lalu, kedua BUMN ini telah menandatangani kesepakatan awal (Head of Agreement/HoA).

Rencananya PGN dan Pertamina akan membangun pipa transmisi sepanjang 67 kilometer. Investasi yang bakal dikucurkan mencapai US$ 76 juta atau setara Rp 1,02 triliun (kurs Rp 13.500).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement