Dijajal Jonan, Motor Listrik Buatan Dalam Negeri Dipasarkan 2018

Anggita Rezki Amelia
19 Oktober 2017, 13:47
Jonan Motor Listrik
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong produksi kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini kendaraan listrik yang sudah diproduksi dalam negeri adalah GESITS (Garasindo Electric Scooter ITS). Motor listrik produksi Garansindo Group ini rencananya akan dijual ke pasar mulai 2018.

Meski belum dijual di pasar, Menteri ESDM Ignasius Jonan sudah mencoba GESITS. Uji coba itu dilakukan di Kementerian ESDM, Kamis (19/10) bersama Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN Sofyan Basir.

Menurut Jonan, ada beberapa keuntungan memakai motor listrik tersebut. Salah satunya adalah biaya pemeliharaan yang lebih murah daripada motor berbahan bakar minyak (BBM). Ini karena motor listrik tidak memakai mesin, tapi mengandalkan baterai.

Motor listrik ini juga dapat membantu mengurangi polusi udara. Dengan demikian Jonan akan bertemu dengan Kementerian Perindustrian untuk dapat menyiapkan industri yang mampu memproduksi kendaraan listrik lainnya, tidak hanya motor.

Jonan juga mengingatkan produsen mengenai harga motor itu ketika dijual. “Jadi, saya menyarankan kalau bisa itu harga jualnya bersaing dengan motor BBM. Bapak presiden mendukung kendaraan listrik," kata dia usai menguji coba motor listrik GESITS di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (19/10).

Di sisi lain, untuk mendukung program itu, PLN juga harus menyiapkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) sebagai menunjang pengisian ulang arus listrik pada motor listrik. Bahkan ia menyarankan agar SPLU bisa dibangun di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) eksisting yang sudah ada, termasuk milik Pertamina.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan keberadaan motor listrik tersebut menjadi pasar baru untuk menjual listrik. Dalam lima tahun ke depan targetnya SPLU akan terus berkembang masif. 

Dari data PLN secara total, di Indonesia saat ini sudah terpasang 875 SPLU. SPLU yang dikembangkan sejak 2015 ini tersebar di beberapa tempat yakni di  Jakarta, Bandung, Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau, Muara Bungo, Bengkulu, Lampung, Manado, Gorontalo, Palu, Kotamobagu, Yogyakarta, Bali, Makassar, dan beberapa kota lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...