“Bola Panas” Harga Gas untuk Industri Beralih ke Menteri Darmin

Anggita Rezki Amelia
13 Oktober 2017, 17:06
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Bola panas harga gas untuk industri terus bergulir. Setelah Kementerian Perindustrian mengirimkan surat ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kini masalah harga gas untuk industri beralih ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan telah menerima surat dari Kementerian Perindustrian itu. Bahkan Kementerian ESDM sudah memproses surat rekomendasi tersebut.

Advertisement

Dadan belum mau merinci industri yang direkomendasikan Kementerian Perindustrian mendapatkan penurunan harga gas. Yang jelas, penurunan harga gas akan dibahas antar kementerian dan diputuskan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. "Sudah diproses dan sekarang di Kemenko Perekonomian," kata Dadan kepada Katadata, Jumat (13/10).

Setelah diputuskan di Kemenko Perekonomian, Kementerian ESDM akan menuangkannya ke dalam surat keputusan. Hal ini sama seperti yang telah dilakukan Kementerian ESDM tahun lalu yang menurunkan harga gas untuk tiga industri, yakni petrokimia, pupuk dan baja.

Namun kebijakan penurunan harga gas itu dirasa belum optimal. Alasannya dalam Peraturan Presiden Nomor 40 tahun 2016, ada tujuh industri yang seharusnya menikmatai harga gas murah. Mereka adalah industri pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca dan sarung tangan karet.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement