Ekonomi Melambat, PGN Pangkas Belanja Modalnya 40%

Arnold Sirait
11 Oktober 2017, 11:25
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero)/ PGN memangkas alokasi belanja modalnya (capex) sebesar 40% untuk tahun ini.  Kebijakan ini sebagai bagian dari upaya efisiensi perusahaan menghadapi perlambatan perekonomian tahun 2017.

Tahun ini belanja modal perusahaan pelat merah itu hanya US$ 300 juta atau sekitar Rp 4 triliun, dari awalnya US$ 500 juta. "Capex digunakan untuk meningkatkan infrastruktur gas bumi, sektor hulu dan bisnis pendukung lain," kata Direktur Komersial PGN Danny Praditya, berdasarkan keterangan resminya, Rabu (11/10).

Advertisement

Di sisi lain, PGN mulai menyasar kawasan industri di tanah air untuk memperluas pemanfaatan gas bumi. Ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk menggenjot peningkatan investasi baru yang terintegrasi dalam satu kawasan.

Danny mengatakan pemanfaatan gas bumi ini bisa memberi keuntungan bagi pelaku usaha karena bisa menekan ongkos produksi. Otomatis mendorong daya saing industri nasional. "Pasokan gas bumi di Kawasan Industri ini adalah upaya kami merealisasikan program konversi energi ke gas bumi," kata dia.

Salah satu upaya itu adalah memperluas jaringan gas bumi ke Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Kawasan yang dikelola oleh PT Modernland Realty Tbk ini menjadi salah satu pasar yang potensial karena dari total lahan 3.175 hektar, sekitar 30 persennya telah dikembangkan.

Di kawasan itu berdiri lebih dari 200 perusahaan baik lokal maupun multinasional. Jenis industrinya pun beragam, mulai dari makanan dan minuman, industri kimia, industri alat berat, hingga material bangunan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement