Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar di Indonesia Beroperasi 2018

Anggita Rezki Amelia
2 Oktober 2017, 09:44
Pembangkit tenaga angin
YOUTUBE
ilustrasi pembangkit listrik tenaga angin

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)/Angin di Desa Mattirotasi dan Lainungan, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan ditargetkan beroperasi tahun depan. Ini merupakan pembangkit listrik tenaga angin terbesar pertama di Indonesia dengan total  kapasitas mencapai 75 Mega Watt (MW).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan pembangkit listrik tersebut akan beroperasi pada kuartal pertama tahun depan. "Ini merupakan PLTB pertama terbesar di Indonesia, tidak banyak negara Asia yang punya wind power," kata Jonan di Sidrap, Sulawesi Selatan, Sabtu (30/9).

Jonan menyebutkan kabupaten Sidrap memiliki potensi angin yang bagus sehingga cocok untuk dibangun pembangkit listrik berbasis angin. Adapun estimasi kecepatan angin di lokasi tersebut berkisar 7 meter per detik (m/s).

Proyek PLTB ini dikembangkan  oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi dengan investasi senilai US$ 150 juta atau sekitar  Rp 2,02 triliun. PT UPC Sidrap Bayu Energi merupakan konsorsium yang terdiri dari UPC Renewables Asia I, UPC Renewables Asia III, Sunedison dan Binatek Energi Terbarukan.

Sebagian biaya proyek tersebut berasal dari pinjaman Overseas Private Investment Corporation (OPIC), yakni lembaga keuangan pembangunan pemerintah Amerika Serikat. Adapun jangka waktu pinjaman selama Rp 16,5 tahun dengan jumlah pinjaman US$ 120 juta.

Secara total, jumlah turbin proyek PLTB Sidrap ini ada 30, masing-masing turbin berkapasitas 2,5 MW. Turbin tersebut memiliki ketinggian 80 meter, dan panjang baling-baling sekitar 57 meter. Teknologi pembangunan PLTB Sidrap ini berasal dari perusahaan asal Spanyol, Gamesa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...