Target Pembangunan Proyek Pipa Duri-Dumai Meleset

Anggita Rezki Amelia
25 September 2017, 19:19
pipa gas
Arief Kamaludin | Katadata

Pembangunan proyek pipa transmisi gas Duri-Dumai hingga kini belum dimulai. Padahal awalnya target peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek tersebut bisa terlaksana pada kuartal tiga tahun ini.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Alimuddin Baso mengatakan pada awal bulan ini sebenarnya sudah membahas proyek tersebut. Pembahasan itu dipimpin Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan dihadiri Direktur Gas Pertamina Yenny Andayani, Direktur Infrastruktur Gas PGN Dilo Seno Widagdo serta Direktur Jenderal Migas Ego Syahrial.

Advertisement

Dalam pertemuan itu Pertamina dan PGN sudah sepakat untuk kerja sama operasi. “Mudah-mudahan di Oktober ini bisa groundbreaking," kata Alimuddin kepada Katadata, Senin (25/9).

Menurut Alimuddin, peletakan batu pertama belum bisa dilakukan bulan ini karena masih ada beberapa kendala teknis dan administrasi. Kendala itu saat diselesaikan Pertamina dan PGN.

Alimuddin tidak merinci kendala teknis dan administrasi apa saja yang belum selesai, termasuk mengenai pembebasan lahan.  "Mungkin sudah selesai masalah lahan, saya tidak terlalu hafal detailnya," kata dia. 

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Jugi Prajogio mengatakan sejauh ini proyek Duri-Dumai masih dalam tahap pembentukan perusahaan patungan (Joint Venture/JV). "Yang saya ketahui Pertamina Gas dan PGN akan membuat JV company untuk pipa transmisi tersebut," kata Jugi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement