Husky-CNOOC Targetkan Alirkan Gas ke Inti Alasindo Awal 2018

Anggita Rezki Amelia
20 September 2017, 20:48
Rig Minyak
Katadata
ilustrasi lapangan migas di lepas pantai.

Husky CNOOC Madura Limited (HCML) menargetkan pengaliran gas dari Lapangan Madura BD ke PT Inti Alasindo Energy mulai awal tahun depan. Jumlah pasokan gas itu mencapai 40 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Arief Setiawan mengatakan pengaliran gas itu akan berlangsung hingga kontrak Lapangan BD berakhir. “Penyaluran gas Lapangan BD berakhirnya pada tahun 2032," kata Arief kepada Katadata, Rabu (20/9).

Advertisement

PT Inti Alasindo Energy bekerjasama dengan anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni Pertagas untuk menyalurkan kepada pembeli akhir. Pertagas nantinya bertugas sebagai transporter.

Selain ke Alasindo, HCML juga mengalirkan gas ke PT Perusahaan Gas Negara (Persero)/PGN. Jumlah gas yang mengalir sebanyak 60 mmscfd. Gas ini sudah mengalir pada 26 Juli lalu, atau saat awal lapangan berproduksi.

PGN memanfaatkan gas dari lapangan tersebut untuk mendukung kegiatan industri dan pembangkit listrik di Jawa Timur. Saat ini gas yang mengalir ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN sekitar 35-40 MMSCFD.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement