Sumur Blok Mahakam yang Dibiayai Pertamina Bertambah Jadi 17 Sumur

Anggita Rezki Amelia
15 September 2017, 17:49
BLOK MAHAKAM
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Suasana pengeboran sumur di masa transisi alih kelola ke PT Pertamina Hulu Mahakam, di RIG Maera, South Tunu, Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Senin (7/8). PT Pertamina Hulu Mahakam telah ditunjuk pemerintah menjadi pengelola wilayah kerja Blok Mahakam yan

PT Pertamina (Persero) berencana menambah jumlah sumur yang akan didanainya di Blok Mahakam. Pertimbangan menambah jumlah pengeboran sumur itu adalah biaya dan waktu yang masih tersedia hingga kontrak berakhir.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati mengatakan awalnya hanya menargetkan 15 sumur hingga akhir tahun. “Kami akan tambah lagi dua lagi, jadi 17 sumur, " kata dia saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (15/9). (Baca: Kementerian ESDM Revisi Surat Keputusan Porsi Total-Inpex di Mahakam)

Menurut Meidawati jumlah sumur yang akan dibor itu menyesuaikan dengan waktu yang tersisa hingga habis kontrak. Selain itu, tambahan ini juga mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan perusahaan.

Meski belum mau menyebutkan jumlah biaya yang akan dikeluarkan Pertamina, Meidawati mengatakan biaya pengeboran untuk dua sumur itu lebih murah.  "Belum bisa dipastikan, takut salah angkanya," kata dia.

Sebagai gambaran, Direktur PT Pertamina Hulu Mahakam Ida Yusmiati pernah mengatakan sejauh ini sudah empat sumur yang berhasil dibor sejak Juli. Biaya pengeboran empat sumur tersebut masing-masing sekitar US$ 19 juta.

(Baca: Pertamina Rampungkan Pengeboran Empat Sumur di Blok Mahakam)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...