Rekind Gandeng Energi Negeri Mandiri Bangun Pipa Gas Cirebon-Semarang

Anggita Rezki Amelia
29 Agustus 2017, 19:47
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

Perusahaan perekayasa, pengadaan dan konstruksi (engineering, procurement, construction/EPC) PT Rekayasa Industri (Rekind) menggandeng PT Energi Negeri Mandiri (ENM) dalam pembangunan ruas transmisi pipa gas bumi dari Cirebon sampai Semarang. Proyek ini sudah mangkrak hampir 11 tahun.

Dalam kerja sama ini, ENM  yang merupakan anak perusahaan dari BUMD PT Migas Hulu Jabar akan memvalidasi hasil studi kelayakan dan pembeli gas yang telah disusun Rekind. Hasil telaah ulang tersebut akan menjadi pertimbangan Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas untuk menyetujui kelanjutan pembangunan ruas transmisi pipa gas Cirebon-Semarang.

(Baca: Mangkrak 11 Tahun, Rekind Tetap Lanjutkan Proyek Pipa Cirebon-Semarang)

Direktur Utama PT ENM Hermawan Eriadi mengatakan rencana pembangunan dan pendistribusian jalur pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang ini akan menjadi jangkar pembangunan proyek strategis di Jawa Barat. Proyek tersebut  seperti pengembangan Bandara Internasional Jawa Barat dan Aerocity di Kertajati serta Pelabuhan Patimban di Subang.

“Karenanya, PT ENM berkomitmen akan mengunakan pipa transmisi gas Cirebon Semarang tersebut akan sebagai sarana menyalurkan gas di wilayah Jawa Barat,” kata Hermawan berdasarkan keterangan resminya, Selasa (29/8).

Direktur Strategi Pengembangan dan Manajemen Risiko Rekind Yanuar Budinorman mengatakan pembangunan pipa Cirebon – Semarang merupakan bagian dari proyek integrasi pipa gas Trans Jawa. Proyek Trans Jawa ini direncanakan akan beroperasi tahun 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...