Pemerintah Diminta Pakai Sumber Energi Terbarukan untuk Mobil Listrik

Anggita Rezki Amelia
4 Agustus 2017, 15:47
Mobil Listrik BMW
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Corporate Communication Specialist BMW Group Indonesia Ismail Ashlan mengisi bahan bakar listrik mobil BMW i8 Protonic Red Edition yang merupakan edisi terbatas disela penyerahan mobil tersebut kepada pelanggan di Jakarta, Kamis (20/4). BMW i8 dirancan

Dewan Energi Nasional (DEN) meminta agar pemerintah menjadikan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber bahan bakar mobil listrik. Ini untuk mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

Anggota DEN Rinaldy Dalimi mengatakan jika mobil listrik menggunakan sumber dari pembangkit batubara atau uap maka tidak akan berpengaruh terhadap pengembangan EBT. "Kalau listriknya dari PLTU atau PLTG ya sama saja," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (4/8).

Advertisement

(Baca: Arcandra: Mobil Listrik Tak Bisa Hilangkan Ketergantungan Minyak)

Setidaknya ada dua hal untuk mewujudkan mobil listrik berbasis EBT. Pertama adalah bisa menggunakan panel surya sebagai pembangkit. Kemudian penyediaan baterai sebagai komponen pengisi daya listrik ke mobil. 

Hal ini bukan bukan tidak mungkin karena ada negara lain yang sudah menerapkannya. "Di Prancis sudah ada panel surya yang menjadi tempat untuk mengisi ulang baterai mobil listrik," kata Rinaldy.

Menurut Rinaldy, pengembangan teknologi panel surya juga sudah tidak sulit. Bahkan sudah ada produsen mengembangkan pembangkit listrik berbasis tenaga surya di luar pulau Jawa dengan ekonomis. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement