SMI Sediakan Dana Rp 3,81 Triliun untuk Pengembangan Panas Bumi

Anggita Rezki Amelia
7 Agustus 2017, 08:12
Panas Bumi Geothermal
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) menyiapkan dana sekitar Rp 3,81 miliar untuk pengembangan panas bumi. Dana itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan hibah Bank Dunia.

Direktur Pengembangan Proyek dan Advisor SMI Darwin Trina Djajawinata mengatakan dana dari APBN yang didapatkan sebesar Rp 3,1 triliun. Sedangkan dari hibah Bank Dunia mencapai Rp 711 miliar.

Advertisement

(Baca: Indonesia Bisa Jadi Penghasil Panas Bumi Terbesar di Dunia)

Dana dari APBN ini merupakan penugasan dari pemerintah untuk panas bumi berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 62/PMK.08/2017. Ini karena ada pengalihan aset dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) ke SMI pada 2015 lalu.

Harapannya setelah dana beralih, proyek panas bumi bisa berkembang. "Jadi dengan ada penugasan ini,  kegiatan eksplorasi akan ditanggung pemerintah dari awal sampai masuk proses lelang ketika cadangannya sudah ketemu," kata Darwin di Jakarta, Kamis (3/8).

Salah satu proyek yang akan didanai oleh SMI berada di Wae Sano, Nusa Tenggara Timur. Uji coba proyek ini akan dilaksanakan tahun depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement