Kunjungi Amerika, Jonan Minta Perusahaan Migas Tingkatkan Investasi

Anggita Rezki Amelia
25 Juli 2017, 19:17
Jonan
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah menginginkan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Amerika Serikat yang beroperasi di Indonesia meningkatkan investasinya. Ini seiring dengan tujuan kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ke Houston, Amerika Serikat Senin (24/7) hingga Rabu (26/7).

Berdasarkan siaran persnya, kunjungan kerja Menteri ESDM diawali dengan bertemu Ryan Lance yang merupakan CEO ConocoPhillips. Di Indonesia, ConocoPhillips mengelola beberapa blok seperti Koridor di Sumatera Selatan, South Jambi B di Sumatera Bagian Selatan dan Kualakurun di Kalimantan Tengah.

(Baca: Produksi Gas ConocoPhillips Tambah 16% Berkat Fasilitas Baru)

Dalam pertemuan tersebut, Jonan dan Ryan membahas mengenai kelanjutan pengelolaan Blok South Jambi B. Blok ini akan berakhir pada 2020.

Untuk itu, Menteri ESDM meminta ConocoPhillips segera mengajukan proposal pengelolaan blok tersebut  setelah kontrak berakhir. Opsinya adalah bermitra dengan Pertamina atau perusahaan lainnya.

"Sementara itu ConocoPhillips akan segera menyampaikan kepada Menteri ESDM setelah melakukan pembahasan internal termasuk membahas masalah keekonomian," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Sujatmiko berdasarkan keterangan resminya, Selasa (25/7). 

Pada hari yang sama, Senin (24/7), Menteri Jonan juga bertemu President & CEO  General Electic (GE) , Lorenzo Simonelli. GE adalah perusahaan yang memiliki perusahaan dari hulu, tengah dan hilir, pertama di dunia yang mengedepankan biaya produksi per barel yang murah dengan teknologi canggih, hingga peningkatan efisiensi dan proses yang aman untuk kilang dan petrokimia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...