BP Mulai Bersihkan Lahan Pembangunan Train 3 Tangguh

Anggita Rezki Amelia
19 Juli 2017, 20:48
Blok Tangguh_bp.com_1.jpg
www.bp.com

BP Indonesia mulai menyiapkan lahan untuk membangun kilang gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) Train 3 Tangguh. Pembangunan train ini termasuk salah satu proyek strategis nasional yang sudah ditetapkan pemerintah.

Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fatar Yani Abdurrahman mengatakan pembangunan Train 3 Tangguh ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yang berada di laut (offshore).

(Baca: Empat Proyek Hulu Migas Prioritas Akan Dapat Kemudahan Lahan)

Pada tahap ini, BP sedang memasuki tahap rekayasa dengan model tiga dimensi dan fabrikasi untuk anjungan (platform). Proses tersebut dilakukan di Karimun dan saat ini perkembangannya sudah mencapai 90%.

Sedangkan tahap untuk di darat (onshore), proyek Train 3 ini sudah memasuki tahap pembersihan lahan. Kemudian proses pengerukan dalam rangka pembangungan fasilitas bongkar muat (Bulk Offloading Facility/ BOF) dan mobilisasi material. “Untuk onshore proyek sudah memasuki tahap eksekusi,” kata Fatar kepada Katadata, Rabu (19/7).

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabowo Taher juga mengatakan hal yang sama. Saat ini proyek Train 3 Tangguh sedang dalam tahap penyiapan tempat operasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...