Hampir Selesai, Pemasangan Alat Ukur Produksi Minyak Bumi Capai 77%

Anggita Rezki Amelia
19 Juli 2017, 12:54
Ladang Minyak
Chevron

Pemasangan alat ukur produksi minyak bumi (flow meter) sudah hampir selesai. Targetnya akhir bulan ini alat itu terpasang di seluruh blok minyak dan gas bumi (migas) yang di Indonesia.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wisnu Prabawa Taher mengatakan per 15 Juli 2017 lalu pemasangan flow meter sudah 77 persen dari 209 titik yang sudah ditentukan. "Target selesai masih di akhir bulan ini," ujar dia kepada Katadata, Senin (17/7).

(Baca: Pemasangan Alat Ukur Produksi Minyak Ditarget Selesai Bulan Ini)

Pemasangan flow meter ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 39 tahun 2016 yang berlaku sejak 29 November 2016 lalu. Jika mengacu aturan tersebut, sebenarnya pemasangan flow meter harus telah terpasang paling lama enam bulan sejak aturan itu berlaku.

Namun karena menghadapi beberapa kendala, target penyelesaian pemasangan alat ukur produksi itu harus molor sampai bulan ini.  Salah satunya adalah proses administrasi dan pengadaan barang. Pengadaan alat ukur tersebut tidak bisa langsung dilakukan serentak, tapi bertahap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...