Chevron Ajukan Proposal Persetujuan Anggaran Proyek IDD Gendalo

Anggita Rezki Amelia
18 Juli 2017, 19:21
Pekerja Chevron
Arief Kamaludin|KATADATA

Chevron Indonesia akhirnya mengajukan proposal rincian biaya proyek ultra laut dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD) di Lapangan Gendalo, Blok Makasar Straits. Dengan begitu harapannya proyek bisa cepat berjalan, apalagi IDD merupakan salah satu proyek strategis nasional.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wisnu Prabowo Taher mengatakan proposal rincian biaya (Authority for Expenditure/AFE) untuk desain kajian awal (Pre Front-End Engineering Design/FEED) tersebut sudah disampaikan kepada Deputi Perencanaan tanggal 4 Juli 2017. “Saat ini masih dalam kajian internal,” kata dia kepada Katadata, Selasa (18/7).

Advertisement

(Baca: Percepat Proyek Strategis, Pemerintah Kumpulkan Lima Kontraktor Migas)

Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman juga membenarkan perihal tersebut. “Kami akan bahas cepat dan memberikan persetujuan,” kata dia kepada Katadata, Selasa (18/7).

Fatar tidak menjelaskan secara detail seperti apa proposal yang diajukan oleh perusahaan migas asal Amerika Serikat tersebut. Namun, dalam proposal tersebut ada klausul mengenai studi dengan Eni untuk memanfaatkan unit fasilitas produksi di Proyek Jangkrik secara bersama.

Dengan begitu harapannya keekonomian proyek IDD semakin lebih baik. “Intinya, sekarang proyeknya lebih efisien, dan ada joint study dengan ENI untuk memakai fasilitas bersama,” ujar Fatar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement