Pertamina Gandeng Repsol Studi Peningkatan Cadangan dan Produksi Migas

Anggita Rezki Amelia
18 Juli 2017, 17:59
Pertamina-Repsol
Pertamina

PT Pertamina (Persero) menjalin kerja sama studi dengan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Spanyol, Repsol. Hal ini dalam rangka mempercepat produksi dan meningkatkan cadangan minyak serta pengembangan energi baru terbarukan.

Penandatangan kerjasama ini dilakukan Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik dan CEO Repsol Josu Jon Imaz serta dihadiri Menteri BUMN Republik Indonesia, Rini Soemarno di Madrid, Spanyol (17/7). Kerjasama studi kedua perusahaan ini terdiri dari teknologi hulu berbasis digital, riset pengembangan teknologi pengurasan sumur (Enhanced Oil Recovery/EOR), bahan bakar hayati (Biofuel) generasi kedua, serta manajemen riset dan pengembangan.

(Baca: Dua Sumur Blok Mahakam yang Dibiayai Pertamina Mulai Dibor)

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan teknologi hulu migas berbasis digital ini akan menghasilkan model karakteristik batuan reservoir. Model ini akan diterapkan pada Blok Jambi Merang yang juga wilayah kerja Pertamina dan Repsol sebagai percontohan.

Namun nantinya, model tersebut juga bisa dipakai di wilayah kerja lainnya. “Ke depan sumber daya manusia Pertamina akan mampu mengembangkan karakteristik reservoir serupa di wilayah kerja Pertamina lainnya,” kata Elia berdasarkan keterangan resminya, Selasa (18/7).

Untuk studi pengembangan teknologi EOR, Repsol akan melakukan alih pengetahuan dan teknologi. Kerjasama ini akan menerapkan sebuah studi laboratorium metode filtrasi EOR untuk program percobaan Lapangan Sago dan Limau (Q51).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...